Laman

Selasa, 15 November 2016

ASP.NET MVC 5 - [Part 09] Menghapus Data Dari Database



Pada tutorial kali ini, kita akan mencoba menghapus data yang ada didalam database. Agar anda dapat menjalankan tutorial ini dengan lancar, anda dapat membaca tutorial sebelumnya yaitu ASP.NET MVC 5 - [Part 07] Input Data kedalam Database terlebih dahulu.


Pada tutorial ini kita asumsikan bahwa anda sudah memiliki beberapa komponen antara lain adalah :

  • Solution dengan nama Siakad
  • Entity Data Model dengan nama SiakadModel.
  • Database dengan nama Siakad
Jika ketiga komponen sudah ada, kita dapat memulai tutorial ini dengan mudah. Berikut cara menghapus data di ASP.NET MVC 5 dengan menggunakan Entity Framework.

1. Membuat Action Delete
Agar kita dapat menghapus data dari database, kita tambahkan action Delete di FakultasController. Ada dua action Delete di FakultasController, yang pertama adalah untuk menampilkan data yang akan dihapus. Berikut action Delete yang menampilkan data yang akan dihapus.

Mengambil data dari database, kemudian mengirimkan data fakultas ke view Delete.


Action Delete yang kedua adalah action yang menerima data dari view lewat HTTP Post, kemudian mencari data dari database, dan menghapus menggunakan method Remove dari komponen Entity Framework.



Berikut FakultasController setelah ditambah action Delete.


2. Membuat View Delete
Setelah kita menambahkan action delete di FakultasController, langkah selanjutnya adalah menambahkan View Delete. Klik kanan pada Action Delete, kemudian pilih menu AddView. Pada dialog Add View, pilih template Delete dan Model class Fakultas(Siakad.Models).



Klik tombol Add untuk menambahkan view kedalam folder Views/Fakultas. Berikut tampilan sebagian view Delete.



3. Running Applikasi
Klik tombol Run untuk menjalankan web aplikasi ASP.NET MVC 5 kedalam web browser. Arahkan url kedalam halaman Fakultas/Index. Kemudian klik salah satu link Delete pada data Fakultas.



Setelah masuk kedalam halaman Fakultas/Delete. Klik tombol Delete untuk menghapus data.



Setelah proses delete dilakukan maka halaman akan diarahkan kembali ke halaman Fakultas/Index. Kita akan melihat data yang tersisa dari database.



Bagaimana setelah menjalankan tutorial ini step-by-step. Tidak terasa kita sudah mempelajari bagaimana cara menghapus data dari database SQL Server menggunakan ASP.NET MVC 5 dengan komponen Entity Framework. Sangat mudah bukan..!

Terimakasih telah bersedia membaca tutorial ini, silahkan beri pendapat anda tentang tutorial ini dengan menulis komentar dibawah ini. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar