Laman

Kamis, 10 November 2016

ASP.NET MVC 5 - Arsitektur



Pada bagian ini kita akan membahas tentang ASP.NET MVC arsitektur. Konsep MVC sudah lama digunakan dalam dua dekade belakangan ini. Konsep MVC diterapkan pada web aplikasi pertama kali pada bahasa pemrograman Ruby On Rails, selain itu juga banyak bahasa pemrograman lain yang ikut menerapkan konsep MVC seperti PHP, Java, dan ASP.Net MVC.

Lalu bagaimanakah konsep MVC di ASP.NET sendiri?. Baiklah dalam tutorial kali ini saya akan mencoba menjelaskan konsep MVC secara ringkas sehingga mudah di pahami dan mudah mengimplementasikan pada tutorial selanjutnya.

MVC singkatan dari Model View Controller, yang membagi proses bisnis dari applikasi web menjadi tiga lapisan. Berikut ini penjelasan dari tiap-tiap lapisan dari MVC.

1. Model
Model mempunyai tugas untuk merepresentasikan data, atau menampilkan bentuk data yang akan ditampilkan. Model di ASP.Net MVC merupakan sebuah class yang memiliki property-property sesuai dengan data yang akan ditampilkan. Dapat kita katakan bahwa di ASP.Net MVC model hanya sebagai Template Data.

2. View
View adalah tampilan antarmuka pengguna. Tugasnya adalah menampilkan data kedalam web browser baik dengan model ataupun tidak.

3. Controller.
Controller yang bertugas mengatur permintaan dari user. Didalam ASP.Net MVC controller biasanya hanya mengatur bagaimana mengani permintaan dari URL dan mengatur View mana yang akan ditampilkan kedalam web browser.

Berikut adalah gambaran tentang hubungan Model - View - Controller.



Bagaimana permintaan ditangani di ASP.Net MVC ?

Pada gambar diatas dapat dijelaskan bahwa, jika user melakukan permintaan dengan URL tertentu melalui web browser maka permintaan tersebut akan ditangani pertama kali oleh Controller. Jika pada permintaan itu ada data yang diinginkan maka controller akan meminta data dengan Model tertentu, kemudia data tersebut dikirimkan ke dalam View. Sedangkan View akan mengecheck apakah data yang dikirimkan oleh Controller membutuhkan model atau tidak. Jika ya, maka View akan menampilkan data sesuai dengan modelnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar