Laman

Kamis, 10 November 2016

ASP.NET MVC 5 - [Part 01] Membuat Project Baru



ASP.Net MVC 5 adalah .Net Framework yang dikeluarkan oleh microsoft. Framework ini sudah mulai banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menggunakan .net platform sebagai teknologi pendukung bisnisnya. Pada artikel ini, saya akan mencoba membuat tutorial praktis tentang ASP.Net MVC 5 mulai dari dasar sampai tingkat lanjut.


Langkah awal untuk memulai belajar ASP.Net MVC 5 adalah dengan membuat projectnya terlebih dahulu. Pada tutorial ini kita akan menggunakan Visual Studio 2013. Tutorial ini juga dapat diterapkan pada Visual Studio 2015.

1. Membuka Visual Studio 2013.



2. Memulai Project Baru.

Setelah Visual Studio 2013 terbuka, kita dapat membuat project baru dengan meng-klik New Project pada halaman Start Page. Untuk lebih jelas anda pada melihat gambari berikut ini.



3. Menentukan Nama Project

Pada langkah ini, kita diminta untuk menentukan nama project yang akan kita buat. Pilih Web pada template Visual C#,  dan Asp.Net Web Application. Pada tahap ini kita akan menentukan nama project dan nama solution akan kita buat. Nama project dan solutin boleh beda, namun pada tutorial ini kita akan buat sama . Jika mencentang checkbox Create directory for solution maka Visual Studio akan membuat folder baru sesuai dengan nama solution yang akan kita buat. Kalo sudah selesai maka klik tombol OK. untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pada gambar berikut ini.



4. Menentukan Template
Pada langkah ini kita akan menentukan template solution web yang akan kita buat. Pada tutorial ini kita pilih MVC. untuk lebih jelas anda dapat melihat pada gambar berikut ini.



5. Memlih Autentikasi

Autentikasi adalah user akses yang akan digunakan dalam mengelola akses web yang akan kita buat. pada tutorial ini kita memilih Individual User Accounts. Kemudian klik tombol OK. Agar lebih jelas anda dapat melihat gambar berikut ini.



6. Solution ASP.Net MVC 5

Setelah klik tombol OK pada halaman template web, maka kita akan melihat Solution ASP.Net MVC 5 terbentuk. Didalam solution ASP.Net MVC 5 struktur folder yang ada mirip seperti MVC pada bahasa lain seperti MVC di PHP atau yang lainnya. Agar lebih jelas anda dapat melihat pada gambar berikut ini.



7. Running ASP.Net MVC 5.

Asp.Net MVC 5 sama sepert ASP.Net WebForm yang berjalan diatas web browser. Visual Studio akan mendeteksi secara automatis web browser yang terinstall dikomputer kita. Klik icon RUN pada Visual Studio untuk melihat hasil web yang telah kita buat. agar lebih jelas anda dapat lihat pada gambar berikut ini.



8. Web ASP.Net MVC 5

Web yang dihasilkan oleh ASP.Net MVC 5 sudah mendukung CSS3 dan HTML5, serta dengan Bootstrap sebagai CSS framework nya, sehingga tampilan web yang dihasilkan sangat responsif dan sudah mendukung Mobile Mode. Berikut adalah hasil dari ASP.Net MVC 5.

a. Halaman Home.



b. Halaman Register



c. Halaman Login.



Menarik bukan tampilannya, gimana sudah mulai tertarik belajar ASP.Net MVC 5 ?. Silahkan tunggu tutorial berikutnya


Terimakasih telah bersedia membaca tutorial ini, silahkan beri pendapat anda tentang tutorial ini dengan menulis komentar dibawah ini. ^_^

4 komentar:

  1. Gan
    Saya ucapkan banyak2 terimakasih, jujur saya sudah searching kmn2 blm dpt cara belajar mvc yang dari dasar
    AlhamduLILLAH akhirnya agan posting yang bener2 dari dasar
    Terimakasih sekali lagi
    Dan semangat terus buat postinganY

    BalasHapus
  2. Gan, untuk pemula yg biasa di desktop apakah ada banyak kendala, mohon bimbingannya.
    Terima kasih utk tutorial nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasa di desktop juga dan lumayan kaget waktu saya masuk ke web, walaupun saya sendiri yang memutuskan untuk masuk ke web, hehehe.
      kendalanya banyak gan, lebih banyak dibandingkan desktop. tapi semua itu cuma sejauh mana qt mau belajar, klo udh lama, nanti juga nyaman sendiri, hehehe.
      tapi inget 1 hal, web itu perkembangannya luas bgt, jadi kita jgn pernah capek buat bljr.

      Hapus
    2. nb : saya juga awalnya belajar dari sini.
      hehehe

      Hapus