Laman

Kamis, 10 November 2016

ASP.NET MVC 5 - [Part 02] Membuat Controller




Setelah kita berhasil memulai project dengan ASP.NET 5. Maka langkah selanjutnya adalah kita membuat controller di ASP.NET MVC 5. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat Controller di ASP.Net MVC 5.

1. Membuat Controller.
Klik kanan pada folder Controller , kemudian pilih menu Adddan pilih menu ControllerAgar lebih jelas anda dapat melihat langkah ini pada gambar berikut ini.



2. Menentukan Template.
Pada langkah ini kita akan akan diminta untuk memilih template controller yang akan kita buat. Ada beberapa template controller yang dapat kita buat. Jenis template yang ada pada halaman Add Scaffold tidak akan kita bahas lebih lanjut pada tutorial ini. Kita akan menggunakan template MVC 5 Controller - Empty. Agar lebih jelas anda dapat melihat pada gambar berikut ini.

3. Menentukan Nama Controller.
Nama controller di ASP.NET MVC 5 akan selalu diakhiri dengan kata Controller. Kita tidak boleh meniadakan kata Controller  pada nama controller yang akan kita buat. Nama controller harus dimulai dengan huruf besar karena nama controller itu akan menjadi sebuah nama class. Seperti yang kita ketahui, nama class dalam bahasa pemrograman C# menggunakan huruf besar. Pada tutorial ini kita akan membuat controller dengan nama ProfileController, kemudian klik tombol OK untuk memulainya. agar lebih jelas anda dapat melihat pada gambar berikut ini.



4.Controller yang dihasilkan
Jika controller sudah berhasil terbentuk, Controller yang kita buat akan masuk kedalam folder Controller dan akan membuat folder baru di folder Views dengan nama folder sesuai dengan nama controller yang telah kita buat. Pada tutorial ini folder Profile terbentuk di folder Views. agar lebih jelas anda dapat melihat pada gambar berikut ini.



5. Default Action.
Controller yang berhasil kita buat akan mengenerate Action Index sebagai default action. Class ProfileController akan diturunkan dari class Controller. Class Controller adalah class yang ada pada library System.Web.MVC. Agar lebih jelas anda dapat melihat pada gambar berikut ini.



Demikianlah tutorial membuat controller di ASP.Net MVC 5, mudah bukan..!


Terimakasih telah bersedia membaca tutorial ini, silahkan beri pendapat anda tentang tutorial ini dengan menulis komentar dibawah ini. ^_^

3 komentar:

  1. Bener-bener step by step ya hehe, ditunggu share tentang web API sama angular di .NETnya pak hehe

    BalasHapus
  2. Terimakasih Bud, InsyaAlloh nanti akan sampai kesana. Mohon doanya saja

    BalasHapus