Laman

Sabtu, 03 Desember 2016

ASP.NET MVC 5 - [Part 10] ViewBag


Setelah kita berhasil membuat membuat CRUD pada ASP.NET MVC 5 menggunakan database SQL Server dan Entity Framework kedalam table Fakultas. Pada tutorial kali ini kita akan coba membahas tentang bagaimana cara mengirim data sementara menggunakan ViewBag.


Pada tutorial sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana sebuah object dikirim dari controller  kedalam sebuah view menggunakan Model. Namun mungkin ada beberapa skenario dimana kita ingin mengirimkan data selain dari data yang terdapat dalam sebuah model kedalam view. Untuk skenario itu kita dapat menggunakan ViewBag.

ViewBag adalah properti dinamic dari class ControllerBase yang merupakan base class dari Controller. ViewBag hanya diguanakan untuk mentranfer data dari controller ke view. Data yang ditampung kedalam ViewBag dapat bernilai null jika dipanggil secara langsung, dan data yang dikirim kedalam view menggunakan ViewBag hanya berlaku sekali pada saat view dipanggil melalui action yang ada di controller.


Dari gambar diatas, kita akan mengirim data ListFakultas menggunakan ViewBag, dan didalam view kita menampilkan data ListFakultas dengan tanda @ViewBag.ListFakultas.

Selanjutnya kita akan membuat data dari List Fakultas yang akan kirim dari controller ke view menggunakan ViewBag. Pada tutorial ini kita asumsikan anda sudah memiliki sebuah solution dengan komponen sebagai berikut.
1. Solution dengan nama Siakad. Jika anda belum membuatnya anda dapat memilihat disini.
2. Database dengan nama Siakad dan table Fakultas. Anda dapat melihat tutorial lengkapnya disini.
3. SiakadModel dan class Fakultas. Anda dapat milihat tutorial lengkapnya disini.

1. Membuat Action ListFakultas.
Jika komponent diatas sudah lengkap, maka kita tambahkan action ListFakultas kedalam controller FakultasController seperti gambar berikut ini.



2. Membuat View ListFakultas.
Kita tambahkan view ListFakultas dengan template empty(without model) seperti gambar berikut ini.


Dan tambahkan kode pada view ListFakultas seperti gambar berikut ini.



Berikut ini penjelasan dari kode diatas.



3. Running Applikasi
Klik tombol run pada visual studio untuk menjalankan aplikasi ASP.NET MVC 5. Berikut ini adalah tampilan aplikasi menggunakan browser.


Berikut penjelasan dari view ListFakultas.



Terimakasih telah bersedia membaca tutorial ini, silahkan beri pendapat anda tentang tutorial ini dengan menulis komentar dibawah ini. ^_^




1 komentar: